Public dalam Bahasa Indonesia berarti Publik. Adalah sekumpulan
orang atau masyarakat yang memiliki minat dan tujuan yang sama.
Publik terbagi menjadi empat, yakni :
1. Publik Kuantitatif
Adalah
ditandai dengan adanya jumlah dari orang-orang yang terdapat dalam kelompok
tertentu. Public dapat terbentuk jika didalamnya terdaat dua orang atau lebih yang
memiliki minat dan tujuan yang sama.
2. Publik Geografis
Adalah
sekumpulan orang yang berminat dan bertujuan yang sama yang ada dalam wilayah
atau daerah tertentu
3. Publik Psikologis
Adalah
sekumpulan orang yang berminat dan bertujuan yang sama terhadap sesuatu tanpa
memandang asal daerah atau wilayah
4. Publik Sosiologis
Adalah
sekumpulan orang yang berminat dan bertujuan yang sama, dasar yang sama dan
bertindak memecahkan masalah social secara Bersama. Seperti berkeinginan Bersama
dalam mogok kerja akibat sesuatu hal.
Relation dalam Bahasa Indonesia berarti Hubungan. Adalah
ikatan antara dua atau lebih individu/pihak.
Public Relation berarti Hubungan antar Publik. Dengan ditambahkan
“s” pada akhir kata (Public Relation) maka maknanya menjadi jamak, yakni
Hubungan-Hubungan antar Publik. Public Relation dalam manajemen adalah jembatan
antara Perusahaan/Lembaga/Organisasi dan Masyarakatnya. Seorang Public Relation
adalah mulut dan telinga diantara dua pihak tersebut. Mendengar keluhan,masukan,
bahkan informasi dan menyampaikan hal tersebut kepada pihak lainnya.
0 Komentar