Hasil gambar untuk public relation
Public dalam Bahasa Indonesia berarti Publik. Adalah sekumpulan orang atau masyarakat yang memiliki minat dan tujuan yang sama.
Publik terbagi menjadi empat, yakni :
1.       Publik Kuantitatif
Adalah ditandai dengan adanya jumlah dari orang-orang yang terdapat dalam kelompok tertentu. Public dapat terbentuk jika didalamnya terdaat dua orang atau lebih yang memiliki minat dan tujuan yang sama.
2.       Publik Geografis
Adalah sekumpulan orang yang berminat dan bertujuan yang sama yang ada dalam wilayah atau daerah tertentu
3.       Publik Psikologis
Adalah sekumpulan orang yang berminat dan bertujuan yang sama terhadap sesuatu tanpa memandang asal daerah atau wilayah
4.       Publik Sosiologis
Adalah sekumpulan orang yang berminat dan bertujuan yang sama, dasar yang sama dan bertindak memecahkan masalah social secara Bersama. Seperti berkeinginan Bersama dalam mogok kerja akibat sesuatu hal.
Relation dalam Bahasa Indonesia berarti Hubungan. Adalah ikatan antara dua atau lebih individu/pihak.
Public Relation berarti Hubungan antar Publik. Dengan ditambahkan “s” pada akhir kata (Public Relation) maka maknanya menjadi jamak, yakni Hubungan-Hubungan antar Publik. Public Relation dalam manajemen adalah jembatan antara Perusahaan/Lembaga/Organisasi dan Masyarakatnya. Seorang Public Relation adalah mulut dan telinga diantara dua pihak tersebut. Mendengar keluhan,masukan, bahkan informasi dan menyampaikan hal tersebut kepada pihak lainnya.